1. Turboprop Engine
Mesin Turboprop adalah suatu tipe
mesin turbo yang mana mengemudikan sebuah propeller aircraft menggunkan gear
reduksi. Turbin gasnya didesign secara specific untuk aplikasi ini dengan
hamper seluruh outputnya digunakan untuk mengemudikan propellernya. pembuangan
gasnya terdiri dari energi kecil yang menyamai mesin jet dan memainkan sebagian
peran dalan propulsion dari aircraft. Propellernya bergandengan dengan turbin
melalui gear reduksi yang mengubah high RPM, low torque output menjadi low RPM,
high torque. Propeller itu sendiri memiliki kecepatan yang constant.
Mesin Turboprop terdiri dari
beberapa bagian yaitu compressor,combustor, turbin dan propelling
nozzle(saluran pipa pendorong). Sistem kerja dari mesin ini adalah udara
ditarik pada pipa masuk dan kemudian akan dikompres oleh compressor. Kemudian
bahan bakar akan ditambahkan pada udara yang telah terkompresi di dalam
combustor. Dimana campuran udara dan bahan bakar ini akan terbakar. Pembakaran
gas panas memuai melalui turbin. Beberapa power yang dihasilkan oleh turbin
kemudian digunakan untuk mengendalikan compressor, dan sisanya dipancarkan
melalui reduction gearing pada propeller. Sementara gas yang memuai pada pipa
propelling dibuang ke tekanan atmosfer. Pipa propelling memberikan proporsi yang
relative kecil pada daya tolak yang dihasilkan oleh turboprop.
Turboprops sangat efisien jika
digunakan pada penerbangan dibawah 390 knots(725 km/h) karena kecepatan jet
pada propeller dan pipa pembuangannya relative rendah.
Contoh Pesawat yang menggunakan mesin Turboprop adalah ATR-72.
2. Turbojet Engine
Sistem kerja dari mesin turbojet
adalah udara masuk melalui air intake kemudian udara akan masuk ke kompresor
dimana kompresor ini digerakan oleh turbin sehingga dapat menambah energi pada
aliran udara dan juga menekan udara ke dalam ruang yang lebih kecil.
Selanjutnya , udara tersebut
akan bercampur dengan bahan bakar yang kemudian akan dibakar
dalam ruang pembakaran.
Setelah itugas panas dalam ruang bakar akan memuai melalui turbin. Turbin
tersebut biasanya terbuat dari logam dengan temperature tinggi untuk melawan
suhu tinggi dan sering memakai saluran pendingin. Tahap pertama dalam turbin adalah turbin
tersebut akan berotasi Karen bertabrakan dengan aliran gas panas, kemudian saluran konvergen akan mempercepat gas bergerak ke belakang dan mendapatkan energi dari proses tersebut. Kemudian
tekanan akan menurun dan energi
ditransfer ke poros. Energi rotasi turbin digunakan terutama untuk menggerakkan
kompresor. Beberapa daya poros digunakan untuk mengendalikan beberapa
aksesoris seperti bahan bakar,
minyak, dan pompa hidrolik. Karena suhu yang lebih tinggi secara signifikan
masuk, rasio tekanan turbin jauh lebih rendah dari kompresor. Dalam turbojet
hampir dua-pertiga dari semua kekuatan yang dihasilkan oleh pembakaran bahan
bakar digunakan oleh kompresor untuk menekan udara untuk mesin.
Mesin turbojet adalah mesin yang
sederhana yang biasanya digunakan pada pesawat jet. Contoh : mesin Rolls_royce
Olypus 593 yang digunakan untuk pesawat Concorde.
3. Turbofan Engine
Turbofan berasal dari kata turbin
dan fan (kipas), yang berarti baha bagian turbo menghubungkan pada mesin turbin
gas yang menyediakan energi mekanik dari pembakaran. Dan kipasnya menyediakan
energi mekanik dari turbin gas untuk mempercepat udara bergerak kebelakang.
Rasio massa aliran udara yang melewati inti mesin dibandingkan pada aliran masa
udara yang melewati inti disebut rasio bypass. Mesin menghasilkan gaya dorong
melalui kombinasi kedua bagian yang bekerja bersamaan; mesin yang relatif lebih
banyak menggunakan gaya dorong jet ke ke gaya dongan kipas disebut low bypass
turbofan, sementara itu, gaya dorong kipas yang lebih tinggi daripada gaya
dorong jet disebut high bypass turbofan.
Kipas menjalankan 2 pekerjaan.
Bagian dari aliran udara dari kipas
melewati inti, menyediakan oksigenuntuk membakar bahan bakar untuk
menghasilkan kekuatan. Tetapi, tempat udara sementara berjalan melalui inti
mesin dan bercampur dengan aliran tercepat dari inti pad bagian belakang mesin.
Sementara fungsi suara mesin adalah sebagai kecepatan pembuangan gas, mesin
turbofan sangat penting daripada jet murnidari gaya dorong yang sama.
Contoh pesawat yang menggunakan mesin turbofan adalah pesawat F-14A dengan mesin Twin Pratt & Whitney TF30-P-41A.
4. Ramjet Engine
Mesin ramjet memiliiki mesin yang
menggerakan udara yang masuk kedepan untuk dikompres tanpa rotasi kompresor.
Ramjet tidak dapat berjalan dari saat berhenti. Untuk itu Ramjet membutuhkan
beberapa sistem propulsi untuk mengakselerasi mesin pada kecepatan dimana
ramjet dapat memulai untuk menghasilkan gaya dorong.
Pesawat yang biasanya menggunakan
mesin Ramjet kebanyakan adalah pesawat tanpa awak dan pesawat luar angkasa. Salah satunya adalah pesawat X-43A.
5. Turboshaft Engine
Mesin turboshaft terdapat 2 bagian
utama yaitu generator gasdan bagian kekuatan. Generator gas terdiri dari
compresor, ruang pembakaran dengan ignitors dan percikan bahan bakar, dan satu
atau lebih bagian pada tubin. Pada bagian power terdiri dari tambahan bagian
pada turbin, sistem reduksi turbin, dan lubang keluar. Generator gas
menghasilkan pemuaian gas yang panas untuk mengendalikan bagian power.
Tergantung pada desain, alat-alat pada mesin dikenadalikan oleh lainnya melalui
generator gas atau bagian power.
Kebanyakan generator gas dan bagian
kekuatan secara mekanik terpisah, jadi mungkin keduanya memiliki kecepatan
rotasi yang berbeda sesuai dengan kondisi.
Contoh dari prinsip turboshaft
adalah mesin Prat Whitney F130-PW-600 pada STOVL F-35B pada modeus konvensional
mengoperasikan sebagai turbofan, tetapi ketika kekuatannya mengangkat kipas,
akan mengalihkan sebagian pada modus turboshaft untuk mengirim kekuatan kedepan
melalui shaft dan sebagian menjadi modus turbojet untuk meneruskan untuk
mengirim gaya dorong ke alat pemercik di bagian depan.
Sumber
Sumber
Sumber
Sumber
mesin engine pesawat turboprop,turboshaft,turbojet semua desainnya punya fungsional tersendiri pada aplikasinya thdp tipe pesawat yg berbeda2
ReplyDeletequberbagi-ilmu.blogspot.com